STEVANI On Social Media

Tuesday, July 24, 2018

HISTOGRAM, POLIGON FREKUENSI, DAN OGIF

Histogram dan poligon frekuensi adalah dua grafik yang mencerminkan distribusi frekuensi. Sedangkan ogif adalah grafik yang mencerminkan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari atau distribusi frekuensi kumulatif kurang dari. 
Untuk menyajikan data dengan hostogram dan poligon frekuensi, maka diperlukan sumbu X  ( sebagai kelas interval) dan sumbu Y (sebagai frekuensi kelas).

Histogram
Suatu histogram terdiri atas satu kumpulan batang persegi panjang yang masing-masing mempunyai :
  • Alas pada sumbuh mendatar (sumbu X) yang lebarnya sama dengan lebar kelas interval, dan
  • Luas yang sebanding dengan frekuensi kelas.
Jika semua kelas interval sama lebarnya, maka tinggi batang sebanding dengan frekuensi kelas dan biasanha tinggi batang secara numerik sama dengan frekuensi kelas inferval. Akan tetapi, jika kelas interval lebarnya tidak sama, maka tinggi batang ini harus disesuaikan.
Poligon Frekuensi
Suatu poligon frekuensi adalah grafik garis dari frekuensi kelas yang menghubungkan nilai tengah kelas dari puncak batang histogram.
Perhatikan gambar Histogram dan poligon frekuensi berikut ini :
Ogif
Ogif merupakan grafik dari distribusi frekuensi kumulatif lebih dari atau distribusi frekuensi kumulatif kurang dari. Ogif juga disebut poligon frekuensi kumulatif. Untuk menggambarkan ogif diperlukan tabel distribusi frekuensi kumulatif. Sumbu datar dari ogif menyatakan batas kelas dan bumbu tegak menyatakan frekuensi kumulatif.


No comments:

Post a Comment