STEVANI On Social Media

Sunday, July 15, 2018

Ekonomi|| Harga Keseimbangan (Ekuilibrium)

Harga Keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual. Hal ini melahirkan adanya titik keseimbangan (ekuilibrium).
Contoh kasus pasar mobil inova sebagai berikut:
Permintaan Qd = 200 - 10P
Penawaran  Qs = -40 + 5P
Dimana Qd , Qs = ribuan unit per tahun
P = puluhan juta rupiah per unit.
Keseimbangan pasar = Qd = Qs
Qd = Qs
200 - 10P = -40 + 5P (sesuaikan bilangan)
200 + 40 = 10P + 5P
240 = 15P
P = 240÷15
P = 16
Maka
Qd = 200 - 10(16) = 40
Qs = -40 + 5(16) =40 (masukan nilai p pada persamaan yang diketahui untuk mencari letak titik Qd dan Qs yang menunjukkan titik keseimbangan)
Maka penyajian pada kurva sebagai berikut:
Kurva keseimbangan pasar mobil
Kurva Keseimbangan Pasar Mobil
Dalam perekonomian adanya perubahan permintaan dan penawaran yang menimbulkan perubahan keseimbangan pasar yang ditandai pula adanya perubahan titik keseimbangan. Adapun perubahan keseimbangan pasar yang dapat digambarkan sebagai berikut :
Kurva menggambarkan, jika harga P0 maka permintaan Q0. Produsen ingin mencari keuntungan lebih dengan menaikan harga menjadi P1 sehingga terjadi Eksesuplai/kelebihan penawaran.

Kurva menggambarkan, harga turun dari P0 ke P1 maka permintaan naik dari Q0 menjadi Q1 sehingga titik keseimbangan bergeser dari E0 ke E1.

Kurva menggambarkan, permintaan berubah menyebabkan harga naik. Pada saat harga murah di P0 permintaan naik dari Q0 ke Q1 akibat dari harga murah membuat volume pembelian barang oleh konsumen bertambah banyak maka produsen menaikan harga menjadi P1.
Kesimpulannya, Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila adanya perubahan disisi permintaan dan atau penawaran.

Semoga bermanfaat, terima kasih sudah mencari dan membaca ilmu!
Post By Stevani Manuhutu


No comments:

Post a Comment