STEVANI On Social Media

Monday, July 23, 2018

Penyajian Data

Ada 2 jenis data berdasarkan waktu pengumpulan, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu yang disebut cross section data ; dan yang dikumpulkan dari waktu ke waktu, yang disebut data berkala. Data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu adalah data yang dipakai untuk menggambarkan keadaan/ peristiwa/ kegiatan pada waktu yang bersangkutan (tahun tertentu, bulan tertentu, minggu tertentu, hari tertentu, dan sebagainya). Sedangkan data berkala adalah data yang dipakai untuk menggambarkan keadaan/ peristiwa / kegiatan dari waktu ke waktu (tahun ke tahun, bulan ke bulan, minggu ke minggu, hari ke hari).

Penyajian data dengan tabel
Tabel/ daftar merupakan kumpulan angka yang disusun menurut kategori-kategori/ karakteristik data sehingga memudahkan analisis data. Komponen-komponen tabel : judul/ nama tabel, judul baris, judul kolom, badan tabel, catatan, dan sumber/ keterangan yang diperlukan.
Jenis-jenis tabel :
1) Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri atas satu kategori/karakteristik data, misalnya data pegawai yaitu menurut pendidikan, masa kerja, umur, golongan dan jenis kelamin, contoh :
2) Tabel dua arah, menunjukkan dua karakteristik data. Contoh : data pegawai yaitu menurut masa kerja dan pendidikan, masa kerja dan golongan. Contoh
3) Tabel tiga arah, menunjukan 3 karakteristik data. Contoh data kendaraan menurut umur, merek dan jenis. Contoh :
Penyajian data dengan grafis/diagram
1) Grafis garis (line chart)
Jenis grafik garis yaitu garis tunggal (single line chart), grafik garis ganda (multiple line chart), grafik garis komponen berganda (multiple component line chart) , grafik garis komponen presentasi berganda (multiple precentace component chart), dan grafik garis berimbang (net balanced line chart).



2) Grafik batang (bar chart)
Terdiri dari grafik batang tunggal dan batang ganda
3) Grafik lingkaran (pie chart)

4) Grafik gambar (pictogram)

5) Grafik berupa peta (cartogram)
BACA JUGA : KONSEP DASAR ILMU STATISTIKA

No comments:

Post a Comment