Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan pesan bisnis :
- Ketelitian, keseriusan dalam membuat pesan
- Hasilnya dapat menimbulkan motivasi kepada masyarakat
- Proses komposisi dalam Perencanaan Pesan Bisnis
- Perencanaan. Maksud dan tujuan menyampaikan pesan, bersifat memberitahukan, mengajak konsumen.
- Menganalisis. Penentuan terhadap permasalahan "Siapa konsumen kita atau audiens", terdapat kelas-kelas masyarakat yang akan ditempuh.
- Ide pokok
- Memiliki saluran komunikasi. Media dalam penyampaian pesan bisnis baik secara langsung atau tidak langsung.
- Pengorganisasian. Dimulai dari rangkaian kata-kata, membentuk kalimat, paragraf yang ditentukan menggunakan bahasa atau kosa-kata yang baik dan benar.
- Revisi. Membaca atau mengevaluasi kembali pesan bisnis yang telah dibuat.
- Penentuan tujuan tujuan sebuah pesan bisnis, akan dihadapkan pada pertanyaan:
- Apakah tujuan tersebut realistis?
- Kapan waktu yang tepat?
- Apakah tujuan tersebut dapat diterima oleh organisasi?
Penentuan sebuah tujuan haruslah jelas dan didukung oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Tujuan komunikasi bisnis :
- Memberikan informasi
- Persuasi / membujuk
- Kolaborasi, dimana dalam bisnis perlu menjaga etika.
- Tujuan perlu diuji, apakah mudah diaplikasikan? mudah diterima atau tidak ?
- Analisis audiens. Proses ini menjawab permasalah "Siapa mereka? bagaimana melakukan pendekatan? bagaimana tingkat pengetahuan dan pemahaman audiens? umur? jenis kelamin?
- Penentuan ide pokok, terbagi 2:
- Teknik curah pendapat
- Pembatasan cakupan
- Seleksi saluran dan media. Dalam sebuah bisnis tentunya untuk mendapat keuntungan yang besar dengan modal yang kecil, hal ini menjawab kebutuhan saluran atau media komunikasi yang harga nya terjangkau dan murah.
No comments:
Post a Comment