Proses strategi komunikasi bisnis:
- Asking. Bertujuan kepada mencari atau mengkatagorikan fakta-fakta, ahli komunikasiyang profesional tidak hanya menunggu info tetapi mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkan informasi tersebut.
- Listening. Sang komunikator harus mempunyai kemampuan untuk mendengar kritik dan saran.
- Telling. Menyampaikan pesan bisnis secara lisan dengan menggunakan media masa. Terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan ; 1. mengimformasikan diri kita, 2. menjaga agar bawahan memiliki informasi berkaitan dengan tugas-tugas mereka, 3. mengetahui permasalahan bawahan yang dihadapi. Selain itu aktivitas komunikator juga mempengaruhi.
- Understanding. Saling pengertian terhadap pimpinan dan bawahan.
Membangun komunikasi yang efektif, terdapat 5 aspek, yakni :
- Kejelasan
- Ketepatan (akurasi)
- Konteks
- Alur
- Kultur (budaya)
5 hal yang perlu diperhatikan dalam membangun komunikasi yang efektif
- Ketahui lawan bicara
- Ketahui tujuan komunikasi
- Konteks, yakni lingkungan pada saat berkomunikasi
- Pelajari budaya atau kebiasaan audiens
- Pahami bahasa
No comments:
Post a Comment