STEVANI On Social Media

Saturday, January 4, 2020

TIPS MENGATASI RASA TRAUMA

RASA TRAUMA yang dimaksudkan adalah trauma psikologis, dimana kondisi jiwa yang tidak stabil akibat peristiwa tidak menyenangkan yang sudah dialami.

Tips mengatasi rasa trauma
1. Terapi Kesehatan
2. Terapi Kejiwaan
3. Terapi Keagamaan

Tips mengatasi rasa trauma dengan terapi kesehatan
Rasa trauma hadir dan dikontrol oleh pikiran seseorang yang berpusat pada otak. Otak yang memberi respons dan dapat memicu kerja organ lain seperti detak jantung yang melambat atau cepat, produksi keringat yang tiba-tiba.
Kondisi fisik yang terganggu atau tidak stabil dapat dengan mudah memicu rasa trauma itu meningkat dengan cepat karena asupan nutrisi pada tubuh yang tidak terasup dengan baik sehingga menganggu proses tubuh mengacu dan mengontrol pikiran. 
Untuk itu pola hidup dalam hal kesehatan perlu dijaga, seperti makan makanan sehat, olahraga teratur (olah pernafasan, yoga) dan tidur yang cukup. Perlu untuk mengurangi makanan yang instan dan berlemak.

Tips mengatasi rasa trauma dengan terapi kejiwaan
  • Untuk mengurangi rasa trauma , pasien perlu diajak berinteraksi. sering bercerita mengenai peristiwa yang dialami. Ketika seseorang mengalami trauma suatu peristiwa, jangan dipaksakan untuk melupakan peristiwa tersebut melainkan diceritakan kepada orang lain. Semakin otak  berproses mengulang untuk mengingat suatu peristiwa yang tidak menyangkan maka akan memicu rasa legah.
  • Mengatasi trauma dengan tidak menyendiri. 
Contoh Kehidupan ; rumah saya mengalami kebanjiran yang dasyat karena curah hujan yang lebat serta berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, hal ini membuat saya trauma dan trauma selalu hadir disaat saya mendengar bunyi hujan lebat apalagi jika masuk musin hujan, rumah yang bertempat di tepian kali daratan cukup rendah tentu akan dilewati aliran air deras yang berasal dari  air hujan di daerah pegunungan, rasa trauma itu selalu hadir memicu rasa takut kalau kalau akan terjadi banjir dasyat walaupun kenyataannya tidak, traumanya semakin akut jika menengok deras air yang volumenya sudah hampir melewati batas pondasi  dan saya sendirian dirumah maka mulailah menyiapkan segala sesuatu yang bisa diselamatkan, terkesan seperti orang gila yah hehehe 😇. Dalam kasus saya, semua tips terapi kejiwaan ini sudah saya jalankan karena rumah saya masih tetap ditempat yang sama dengan trauma yang sama pula. Dengan ini saya simpulkan saya trauma ketika mendengar bunyi hujan deras dan air deras yang mengalir dijalan saat musim hujan dimanapun saya berada akan selalu teringat kalau kalau rumah saya akan kebanjiran, ketika itu saya berusaha fokus pada aktivitas yang berjalan, melantungkan lagu lagu rohani ini berguna untuk membuat otak berproses mengingat lirik lagu dan pernafasan yang terbentuk untuk membunyikan nada menormalkan kerja jantung sehingga menciptakan rasa legah dan nyaman, berusaha untuk curhat ke teman kalau saya lagi memikiran rumah saya yang bisa kebanjiran walaupun saya sudah tahu pasti akan dijawab : seng usah tako, seng akan banjir (tidak usah takut, tidak akan banjir)
  • Mengatasi trauma dengan fokus pada aktivitas rutin, atau menyibukan diri dengan serangkaian aktivitas.

Tips mengatasi rasa trauma dengan terapi keagamaan
Mengatasi rasa trauma dengan beribadah. Hal yang paling penting ialah mendekatkan diri dengan Tuhan yang kita yakini atau aktivitas keagamaan, karena sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi atas injin-NYA.



No comments:

Post a Comment