STEVANI On Social Media

Sunday, July 15, 2018

Ilmu Ekonomi || EKSTERNALITAS

Sub Pembahasan :
  • Ilmu Ekonomi Masyarakat
  • Ekternalitas Negatif dan Positif
  • Solusi Swasta Untuk Eksternalitas
Ilmu Ekonomi Kesejahteraan

Gambar kurva permintaan mencerminkan nilai bagi pembeli dan kurva penawaran mencerminkan nilai bagi penjual. Jumlah keseimbangan (Q market) memaksimalkan nilai total bagi pembeli dikurangi nilai total bagi penjual. Tanpa adanya eksternalitas, keseimbangan pasarnya bersifat efisien.

Eksternalitas adalah dampak-dampak tidak terkompensasi dari tindakan seseorang terhadap kesejahteraan orang lain yang tidak terlihat. Contoh kasus, emisi gas buangan dari pabrik kendaraan bermotor yang merupakan eksternalitas negatif, yang pada dasarnya tidak terlihat secara langsung pengaruhnya terhadap kesehatan orang yang menghirupnya. Bangunan-bangunan bersejarah yang direnovasi merupakan eksternalitas positif.
Internalisasi eksternalitas yakni mengubah insentif insentif sehingga sehingga masyarakat memperhitungkan dampak eksternal dari tkndakan mereka. Contohnya berfikir panjang sebelum menanam sayur di tempat sampah karena dapat memacu penyerapan zat zat berbahaya dari dalam tanah yang dapat terkonsumsi.

Eksternalitas Negatif dan Eksternalitas Positif
  • Eksternalitas Negatif
Gambar kurva eksternalitas negatif
Dimana Penawara merupakan biaaya pribadi
Dan permintaan merupakam nilai pribadi.

Kurva polusi dan titik optimalnya bagi masyarakat, tergambar diatas menjelaskan : dengan adanya eksternalitas negatif, seperti polusi, biaya sosial suatu barang yang melebihi biaya swastanya. Jumlah yang optimal (Q optimum) lebih kecil daripada jumlah keseimbangan (Q market).
  • Eksternalitas Positif
Kurva pendidikan dan titik optimalnya bagi masyarakat

Dimana, dengan adanya eksternalitas positif, nilai sosial suatu barang melebihi nilai swastanya. Jumlah yang optimal(Q optimum) lebih besar daripada jumlah keseimbangan (Q market).

Solusi Swasta Untuk Eksternalitas
Jenis-jenis solusi swasta :

  • Moral dan hukuman- hukuman sosial kesadaran.
  • Beramal, organisasi pencinta alam, penghijauan, bersih laut.
Menurut Teorema Coase ; suatu pendapat bahwa jika pihak-pihak swasta dapat melakukan tawar menawar mengenai lokasi sumber-sumber daya tanpa harus mengeluarkan biaya, mereka dapat menyelesaikan masalah eksternalitas mereka dengan sendirinya. Dengan demikian perlu adanya biaya transaksi yakni biaya yang harus dikeluarkan pihak-pihak terkait dalam proses mencapai suatu kesepakatan.

Kebijakan Publik Mengenai Eksternalitas, yakni:
  • Regulasi, pemerintah membuat UU tentang limbah yang menyebabkan pencemaran lingkungan sehingga masyarakat harus memilih untuk tidak menambah eksternalitas negatif yakni mentaati UU yang berlaku.
  • Pajak pigovian dan subsidi. Yakni pajak yang diberlakukan untuk memperbaiki dampak-dampak dari suatu eksternalitas negatif.
Terima kasih sudah mencari dan membaca ilmu.

No comments:

Post a Comment