STEVANI On Social Media

Wednesday, August 15, 2018

Akuntansi Dasar II // Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi merupakan tindakan pencocokan untuk mengetahui kondisi antara 2 pihak yang berbeda dalam rangka meninjau kesesuaian.
Rekonsiliasi bank dibuat agar saldo di buku pembukuan perusahaan dan laporan bank tidak berbeda atau sama. Rekonsiliasi bank dibuat oleh pihak perusahaan.
Penyebab saldo di buku perusahaan dan laporan bank tidak sama :
1. Bank belum mencatat transaksi tertentu
  • Setoran dalam perjalanan
  • Cek dalam perjalanan
2. Perusahaan belum mencatat transaksi tertentu
  • Penerimaan kas melalui bank
  • Biaya administrasi bank
  • Pendapatan bunga (bank sudah mencatat karna bank yang menentukan tetapi perusahaan belum mencatatnya)
  • Cek kosong dari konsumen (jumlah uang di cek melebihi saldo di bank)
  • Cek dikembalikan kepada penyetor karena alasan lain (bukan karena cek kosong, misalnya cek kaldarwasa, salah penulisan angka)
3. Bank dan perusahaan sama-sama melakukan kesalahan pencatatan

Tahap-tahap penyusunan rekonsiliasi bank
1. Mulailah dengan saldo yang tercantum dalam laporan bank dan saldo yang tercantum dalam rekening Kas perusahaan (disebut juga "saldo per buku"). Kedua angka tersebut mungkin tidak sama karena adanya perbedaan saat pembukuan.
2. Tambahkan/ kurangkan pada saldo per bank (hal-hal yang tercantum dalam pembukuan perusahaan tetapi tidak tercantum dalam laporan bank)
  • Tambahkan setoran dalam perjalanan pada saldo per bank
Setoran dalam perjalanan dapat diketahui dengan membandingkan antara setoran-setoran yang tercantum dalam laporan kas dengan catatan dalam pembukuan/ slip setoran ke bank (lihat juga rekonsiliasi bank bukan sebelumnya). Setoran dalam perjalanan adalah setoran yang tercantum dalam pembukuan perusahaan. Apabila pada bulan yang lalu terdapat setoran dalam perjalanan, maka setoran tersebut akan nampak dalam laporan bank bulan berjalan.

  • Kurangkan check dalam perjalanan dari saldo per bank
Check dalam perjalanan dapat diketahui dengan cara membandingkan antara check-check yang diuangkan di bank seperti tercantum dalam jurnal pengeluaran kas atau register check (lihat juga rekonsiliasi bank sebelumnya). Check dalam perjalanan adalah check yang telah dikeluarkan perusahaan tetapi tidak tercantum dalam laporan bank. Pembandingan ini juga merupakan pengujian bahwa semua check yang telah dibayar oleh bank merupakan check perusahaan yang sah dan telah dicatat dengan benar, baik oleh bank maupun perusahaan.
3. Tambahkan atau kurangkan pada saldo per buku (hal-hal yang tercantum dalam laporan bank tetapi tidak tercantum dalam pembukuan perusahaan)

  • Tambahkan pada saldo per buku (a) penerimaan-penerimaan kas langsung melalui bank dan (b) pendapatan bunga atau saldo giro
  • Kurangkan dari saldo per buku (a) biaya administrasi bank (b) biaya percetakan check dan (c) pengurangan lain yang telah dilakukan oleh bank (misalnya pengurangan karena adanya pengembalian check kosong/ check yang telah lewat waktu)
4. Hitunglah saldo per bank yang telah disesuaikan dan saldo per buku yang telah disesuaikan (kedua saldo harus sama).
5. Buatlah jurnal penyesuaian untuk setiap hal yang terdapat pada butir 3 sebelumnya, yaitu hal-hal yang tercantum pada sisi per buku (pembukuan perusahaan) dalam rekonsiliasi bank.
6. Perbaiki semua kesalahan yang terdapat dalam pembukuan perusahaan dan sampaikan pemberitahuan ke bank jika bank telah melakukan kesalahan.

Untuk melengkapi penjelasan materi Rekonsiliasi Bank, maka Penulis mencantumkan Contoh Soal beserta penyelesaian terhadap Rekonsiliasi Bank.
Selengkapnya CONTOH SOAL REKONSILIASI BANK

No comments:

Post a Comment