STEVANI On Social Media

Saturday, August 10, 2019

Perkembangan Transportasi Umum dari Masa ke Masa di Indonesia

Perkembangan Transportasi Umum di Indonesia
Halaman 1

Delman
Abad ke-18
Delman adalah kendaraan transportasi tradisional beroda dua yang menggunakan Kuda sebagai penggeraknya. Kendaraan ini diciptakan oleh seorang ahli irigasi dan insinyur dari Belanda bernama Charles Theodore Deeleman, untuk transportasi utama antarkota masyarakat golongan atas. Delman mulai digunakan sejak awal masa Pemerintah Hindi Belanda di Indonesia.

Kereta
Tahun 1867
Setelah era tanam paksa oleh Johannes van den Bosch pada tahun 1825-1830, ide tentang adanya kereta Api di Indonesia diajukan untuk mengangkut hasil bumi dari Sistem Tanam Paksa tersebut karena penggunaan jalan raya dengan kereta kuda angkut sudah tidak lagi optimal di masa itu. Ide ini baru berhasil diimplementasikan di tahun 1867 di Semarang, dengan rute Semarang-Tanggung yang berjarak 26km oleh NISM, N.V. (Nederlands - Indische Spoorweg Maatschappij).

Mobil
Tahun 1894
Era revolusi industri yang terjadi di banyak negara turut terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah dengan adanya penggunaan mesin yang diimplementasikan pada beberapa alat transportasi, salah satunya Mobil. Namun kendaraan ini hanya dipakai oleh para bangsawan dan pimpinan pemerintahan Hindi Belanda. Namun di tahun 1894, ada satu warga pribumi yang berhasil memiliki kendaraan ini yaitu Pakubuwono X dari Solo, dengan mobil bermerek Benz, tipe Carl Benz.

Perkembangan Transportasi Umum dari Masa ke Masa di Indonesia

HALAMAN
 1,       2,       3,       4.  

No comments:

Post a Comment