STEVANI On Social Media

Saturday, August 10, 2019

Perkembangan Transportasi Umum dari Masa ke Masa di Indonesia

Perkembangan Transportasi Umum di Indonesia
Halaman 2

Becak
Tahun 1941
Transportasi roda tiga ini berasal dari Jepang, namun diciptakan oleh orang Amerika yang ingin mengajak istrinya yang disabilitas berjalan-jalan, tetapi tidak ingin terganggu dengan orang lain. Lambat laun Becak menjadi transportasi populer di kalangan bangsawan Jepang, yang kemudian meluas ke daratan Tiongkok, dan akhirnya menjadi populer di Indonesia mulai tahun 1941, seiring dengan masuknya Jepang ke Indonesia. Kendaraan ini memiliki arti tersendiri bagi masyarakat karena dapat digunakan oleh banyak orang.

Oplet
Tahun 1950
Oplet adalah transportasi umum untuk penumpang dalam jumlah kecil yang hadir sejak tahun 1950-an. Oplet memiliki satu pintu di bagian belakang yang menjadi tempat masuk dan keluar penumpang. Oplet adalah cikal bakal adanya mikrolet, kemudian angkot, sarana transportasi yang saat ini masih digunakan oleh banyak masyarakat di banyak daerah.

Minibus
Tahun 1962
Era Minibus mulai diperkenalkan tahun 1962 oleh Gubernur Soemarno di Jakarta atas instruksi Presiden Soekarno dalam bentuk Metromini, untuk mengangkut peserta Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (GANEFO). Setelah pesta olahraga usai, minibus merah ini terus beroperasi. Bahkan atas instruksi Gubernur Ali Sadikin, didirikanlah secara bersamaan perusahaan resmi dengan nama PT Metromini dan Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) pada tahun 1976.

Perkembangan Transportasi Umum dari Masa ke Masa di Indonesia

Halaman
 1,       2,       3,       4. 

No comments:

Post a Comment