STEVANI On Social Media

Thursday, May 7, 2020

Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Pemda


Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan Pemda

Ekonomi atau pendapatan akan tumbuh, apabila : konsumsi naik, dan/atau belanja pemerintah naik, dan/atau ekspor naik dibandingkan impor. Di antara factor keempat tersebut yang dapat dipengaruhi Pemda adalah belanja pemerintah (daerah) dan investasi. Belanja Pemda sepenuhnya ditentukan oleh Pemda sendiri, namun pada dasarnya belanja Pemda ini hanya sebagian kecil dari seluruh belanja disuatu daerah, sehingga dampaknya juga terbatas.
Yang lebih besar dampaknya adalah investasi. Investasi  tidak hanya berdampak langsung terhadap perekonomian dengan memasukan dana ke dalamnya dalam bentuk, misalnya kontrak pembangunan pabrik. Lebih dari itu, investasi berdampak besar melalui penciptaan lapangan kerja. Dengan semakin banyak penduduk bekerja, maka pendapatan daerah meningkat sebanyak gaji pekerja baru. Baik dampak langsung (investasi) maupun dampak tidak langsung (gaji pekerja) mempengaruhi perekonomian setempat melalui efek multiplier, dan pengaruhnya terhadap PAD akan sangat besar.
Pemerintah daerah pada posisi yang strategis untuk mempengaruhi peningkatan investasi di wilayahnya, terutama investasi di perusahaan kecil. Sebabnya adalah karena perusahaan- perusahaan kecil lebih sensitive terhadap rangsangan atau kebijakan yang bersifat kedarahan dibandingkan dengan kebiakan nasional yang lebih berpengaruh pada perusahaan besar.



INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.

No comments:

Post a Comment