STEVANI On Social Media

Thursday, May 7, 2020

Hubungan Pendapatan Daerah dengan Lapangan Kerja Yang Tersedia


Hubungan pendapatan daerah dengan lapangan kerja yang tersedia

Hubungan antara pendapatan nasional atau daerah dengan besarnya lapangan kerja dan modal yang ada di Negara atau daerah itu, yang digambarkan dengan Cobb Douglass production function sebagai berikut :
Y = A * αK * βL
Dimana
A adalah tingkat teknologi dan manajemen
K = modal
L = tenaga kerja
Artinya, pendapatan nasional sebanding dengan tingkat perkembangan teknologi produksi, jumlah modal kerja, dan tenaga kerja yang bekerja. Tingkat teknologi yang tinggi, dan/ atau jumlah modal yang tinggi, dan/atau tingginya jumlah pegawai yang bekerja, akan menghasilkan pendapatan yang tinggi pula. Apabila jumlah penduduk yang bekerja tidak begitu banyak, maka tentu penghasilan yang diperoleh juga rendah. Akibatnya, konsumsi mereka juga rendah. Sebaliknya, apabila sebagian besar penduduk bekerja, maka penghasilan mereka secara keseluruhan akan tinggi. Penghasilan yang tinggi ini akan dibelanjakan di wilayah mereka seperti nonton bioskop (pajak tontonan), makan di restoran  (pajak pembangunan I), membangun rumah (PBB dan retribusi izin pembangunan), membeli kendaraan (pajak kendaraan dan BBN). Dengan demikian semakin banyak penduduk yang bekerja maka semakin tinggi PAD (Pendapatan Asli Daerah).

INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.

No comments:

Post a Comment