STEVANI On Social Media

Monday, August 24, 2020

Bantuan Peningkatan Pemasaran Oleh Pemerintah

Meningkatkan Ekonomi Daerah 


BANTUAN PENINGKATAN PEMASARAN OLEH PEMERINTAH

Promosi Ekspor banyak dilakukan di daerah dan Negara bagian untuk meningkatkan ekonomi daerah dengan menarik perusahaan-perusahaan baru atau investor. Contohnya diterapkan pada Negara bagian Illionis, Amerika Serikat. Tujuan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Negara bagian Illionis untuk mendukung promosi perdagangan dan terutama ekspor yakni :

  1. Membawa produsen dan produknya ke calon pembeli yang potensial dengan mengadakan pameran perdagangan, misi perdagangan dan pameran katalog;
  2. Membawa calon pelanggan ke penjual atau produsen atau perantaranya dengan mensponsori delegasi dagang, pembeli dan pejabat pemerintah mereka untuk datang;
  3. Menjadi perantara bagi pertukaran informasi antara calon pembeli dengan penjual melalui kantor perwakilan diluar negeri dan studi pasar ; mempublikasikan direktori eksportir, agen ekspor, distributor, dan perusahaan dagang; mengembangkan arah dan pencarian tujuan dagang baru; dan melakukan pendidikan umum mengenai pentingnya perdagangan luar negeri;
  4. Membantu eksportir atau calon eksportir untuk melakukan ekspor dengan menyediakan informasi, penasihatan, bantuan teknis, pembiayaan perdagangan dan suransi, memfasilitasi akses ke perbankan, serta menyelenggarakan seminar, lokakarya, dan konperensi;
  5. Memperkuat hubungan antar daerah dengan mensponsori program magang bagi mahasiswa dan beasiswa; hubungan antar kota (sister City), atau antar daerah dan antar Negara bagian; menjadi tuan rumah bagi perayaan, festival budaya dan promosi budaya;
  6. Membuat Negara atau daerah tertentu sebagai target bagi industry ekspor dan produknya dengan memfokuskan dan memposisikan Negara atau daerah itu dalam pasar ekspor.

Philip Kotler, Donald H. Haider, dan Irving Rein, Marketing Places, Hal. 277.


No comments:

Post a Comment