STEVANI On Social Media

Wednesday, September 16, 2020

Kebijaksanaan yang Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja

 Peran Pemda pada Masa Depan Ekonomi Daerah

Apa yang harus dilakukan oleh Pemda? 


Kebijaksanaan yang Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja

Beberapa kebijaksanaan yang dapat ditempuh Pemda untuk mendorong penciptaan lapangan kerja di daerah adalah sebagai berikut:

  1. Mendorong penerapan kebijaksanaan program-program yang padat tenaga kerja atau labour intensive
  2. Mendorong pengembangan sector informal menjadi sector formal. Salah satu yang bisa dilakukan oleh Pemda untuk mengembangkan sector informal adalah dengan memberikan akses ke sumber daya yang sama dengan yang diberikan kepada sector-sektor lain dalam ekonomi, seperti, pelayanan dasar dan prasarana, pasar-pasar tertentu, lahan dan tempat usaha, dan pemberian kredit. Implikasinya, asset utama dari sector informal adalah tenaga kerja maka pemerintah dapat meningkatkan produktivitas asset tersebut dengan memberikan pelatihan dan pendidikan agar mereka mampu untuk merespons kondisi pasar dengan cepat.
  3. Evaluasi dan reformasi peraturan-perundangan yang menghambat penciptaan lapangan kerja dan perlindungan social. Salah satunya adalah peraturan-perundangan yang mengatur pembentukan usaha baru dan penggunaan tanah.
  4. Pengembangan kemitraan antara pemerintah dengan sector swasta dan masyarakat.

INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.

No comments:

Post a Comment