STEVANI On Social Media

Wednesday, September 16, 2020

Manajemen Modal untuk Mendorong Sektor Swasta

 Peran Pemda pada Masa Depan Ekonomi Daerah

Apa yang harus dilakukan oleh Pemda? 


Melakukan Manajemen Modal untuk Mendorong Sektor Swasta

Bentuk penyertaan modal dalam perusahaan swasta yang dapat dilakukan oleh Pemda yaitu :

Pertama, pembentukan perusahaan swasta baru berpatungan dengan perusahaan swasta yang sudah ada.

Kedua, membeli sahan swasta yang sudah beroperasi. Kuntungan dari membeli dibandingkan dengan membentuk baru adalah : jaringan pemasaran telah tersedia, personel yang telah berpengalaman sudah ada, manajemen sudah ada dan siap bekerja.

Ketiga, melakukan manajemen modal dalam surat berharga perusahaan swasta. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh Pemda yang mengalami surplus anggaran. Karena keuntungan yang dapat diperoleh dari perdagangan surat berharga lebih tinggi daripada bunga deposito, maka Pemda dapat menggunakan surplusnya untuk membangun portofolio surat berharga yan dapat memperbesar surplus tersebut jang waktu yang relative pendek, dan kemudian menjuallnya kembali bila kebutuhan dana sudah ada.

Keempat, melakukan kegiatan seperti modal ventura.kegiatan ini dilakukan bila ada usaha kecil yang bermaksud untuk melakukan sebuah proyek investasi kecil yang secara ekonomis layak namun kekurangan dana investasi.

INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.

No comments:

Post a Comment