STEVANI On Social Media

Thursday, July 19, 2018

Manajemen SDM dan Manajemen Personalia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

  • Menurut T. Hani Hanolek, Manajemen SDM merupakan penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan SDM untuk mencapai tujuan individu/ organisasi.
  • Menurut A. A. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen SDM merupakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
  • Menurut Melayu S. P. Hasibuan, Manajemen SDM merupakan ilmu dan seni mengatur hubungan dan peran tenaga kerja efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen SDM/ MSDM) merupakan salah satu bidang manajemen yang mempusatkan perhatian kepada masalah SDM agar dapat memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan.
Manajemen Personalia meliputi aktivitas-aktivitas yang dapat menghasilkan produk kerja yang efektif. Manajemen personalia berupa perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, kompensasi.
Tugas-tugas yang harus dilakukan dalam bidang personalia (.) jangka pendek berupa perekrutan SDM, penempatan, masalah kesehatan dan keamanaan SDM, (.) jangka panjang berupa kebutuhan kerja di masa depan, masalah pendidikan dan latihan dari tenaga kerja, masalah promosi, masalah pemutusan hubungan kerja.

Menurut Edwin. B. Flippo, ruang lingkup manajemen personalia terdiri atas 2 fungsi pokok, :
  1. fungsi manajerial, yang terdiri dari elemen-elemen ; planning, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian.
  2. fungsi operasional, yang terdiri dari elemen-elemen ; pengadaan, pengembangan, kompensasi (pemberian bonus), integrasi, pemeliharaan (rolling pekerjaan), pemutusan hubungan kerja.

No comments:

Post a Comment