STEVANI On Social Media

Thursday, July 19, 2018

PEMASARAN (MARKETING)

Pemasaran merupakan suatu proses usaha yang dibutuhkan dalam rangka memindahkan barang dan atau jasa dari produsen kepada konsumen akhir.
Dalam pemasaran (marketing) adanya persaingan yang dihadapi dalam setiap proses. persaingan dapat diperoleh dari 2 sektor yakni :
  • sektor nyata, dimana persaingan sebanyak mungkin untuk merebut konsumen dari para pesaing-pesaingnya
  • sektor tidak nyata, dimana persainganya dalam bentuk tidak kasat nyata. contohnya pada bidang penelitian yang meneliti produk persaing.
Pendekatan-pendekatan dalam pemasaran (marketing aproach) :
  • Pendekatan barang
  • Pendekatan kelembagaan
  • Pendekatan fungsi
  • Pendekatan biaya
  • Pendekatan historis
  • Pendekatan teori ekonomi
  • Pendekatan fungsi, berupa pembelian, penjualan, pengangkutan, pengemasan, penyimpanan, pembelanjaan, advertensi.
Dalam pemasaran tentunya diperlukan saluran distribusi. Saluran distribusi merupakan kumpulan orang/ lembaga yang turut terlibat dalam usaha mengalirkan barang dari tangan produsen ke tangan konsumen. Perantara pada saluran distribusi disebut midlesmen. Yakni orang/badan usaha yang berusaha beroperasi di antara produsen dan konsumen, yang bertugas melakukan perundingan dalam masalah pembelian / penjualan.
Midlemen terdiri atas :
  • Merchant , merupakan perantara yang membeli dan menjual barang-barang tersebut serta menanggung resiko yang menyangkut pemiliknya dan berusaha untuk mendapatkan laba dengan bertindak atas dirinya sendiri.
  • Redteller ,  merupakan pedagang yang menjual barang-barang langsung kepada konsumen akhir.
  • Agen , merupakan perantara yang melakukan jual beli barang untuk prinsipnya.
Dalam pemasaran (marketing) harus adanya penelitian pasar yakni suatu alat analisis yang tujuannya untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap barang yang akan diproduksi dari perusahan tersebut. Sehingga dikenal adanya analisis pasar yakni :
  • diaknosis pasar, suatu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan pasar
  • promosi pasar, penyelidikan terhadap yang mungkin terjadi
Guna menjalankan penelitian pasar maka dapat dilakukan metode penelitian pasar berupa angket , wawancara.
Jenis-jenis produk dari sisi pemakaian :
  • produk industri, yakni produk-produk yang dikonsumsi untuk keperluan industri atau menghasilkan suatu barang lain. Dikelompokan menjadi (1) barang material/barang baku, (2) barang mentah.
  • produk konsumsi, dikelompokan menjadi :
  1. Shoping goods, merupakan kelompok barang-barang mewah tetapi juga melihat waktu dan harganya
  2. Special goods, merupakan karakteristik barang-barang bersifat khas dan yang memakainnya hanya orang-orang tertentu saja
  3. Unsought goods, merupakan barang-barang yang keberadaannya belum diketahui oleh konsumen
  4. Convenient goods, merupakan barang-barang yang dibeli tanpa mempertimbangkan mutu dan kualitasnya.
  5. Staple goods, merupakan kelompok barang yang harus dibeli. Dapat dibedakan menjadi (1) Implus goods merupakan barang-barang yang dibeli oleh konsumen tanpa ada perencanaan, (2) Emergency goods merupakan barang-barang umtuk keperluan mendadak. 

No comments:

Post a Comment