STEVANI On Social Media

Wednesday, August 1, 2018

MERAMAL PASAR || 'Pemasaran Bank'

Meramal Pasar

Jenis-jenis peramalan 
Dilihat dari segi penyusunnya :
  1. Peramalan subjektif. Peramalan yang didasarkan atas perasaan/ filling dari orang yang menyusunnya.
  2. Peramalan objektif. Peramalan yang didasarkan atas data dan informasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik/ metode tertentu. Data yang digunakan biasanya data masalalu untuk beberapa periode.
Dilihat dari segi sifat ramalan :
  1. Peramalan kualitatif. Peramalan yang didasarkan atas data kualitatif dan biasanya peramalan ini didasarkan kepada hasil penyelidikan.
  2. Peramalan kuantitatif. Peramalan yang didasarkan kepada data kuantitatif masalalu.
Dilihat dari segi jangka waktu :
  1. Peramalan jangka pendek. Peramalan yang didasarkan pada waktu kurang dari satu tahun. Misalnya peramalan harga penjualan di pasar untuk 3 bulan mendatang.
  2. Peramalan jangka panjang. Peramalan yang didasarkan pada waktu lebih dari satu tahun.
Faktor- faktor yang mempengaruhi peramalan
  1. Kelengkapan data
  2. Kualitas data
  3. Alat peramalan
  4. Orang yang melakukan peramalan tersebut.
Dalam peramalan pemasaran bank, adapun hal-hal yang perlu diramalkan yakni
  1. Perilaku nasabah
  2. Jumlah nasabah
  3. Perilaku pesaing
  4. Kondisi ekonomi secara umum
  5. Tingkat nasabah
  6. Daya beli masyarakat. Dll
Langkah-langkah yang dilakukan dalam peramalan pasar
  1. Mengumpulkan data
  2. Mengalasis data
  3. Menentukan metode peramalan
  4. Memproyeksi data
  5. Mengambil keputusan
Metode / cara meramal pasar yang sering digunakan
  1. Survei niat pembeli. Dimana peneliti mendatangi langsung sasaran yang hendak dicapai dan menanyakan tentang niat konsumen akan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelian produk bank yang ditawarkan.
  2. Gabungan pendapat tenaga penjual. Peneliti memperoleh informasi tentang produk yang ditawarkan nasabah dari tenaga penjual / miraniaga yang jumlahnya cukup banyak di perusahaan. Informasi gabungan dari tenaga penjual ini cukup akurat karena mereka selalu berhubungan dengan konsumen.
  3. Metode tes pasar. Digunakan dengan memberikan tanggapan secara langsung ke konsumen baik melalui langsung memberikan produk kepada konsumen terhadap produk yang dicoba.
  4. Pendapat ahli. Metode ini digunakan untuk memastikan secara teori dan praktek dari mereka yang benar-benar memahami tentang pemasaran.
  5. Analisis permintaan secara statistik. Dalam metode ini peneliti mengumpulkan data masalampau tentang penjualan produk bank oleh perusahaan itu sendiri maupun dari gabungan perusahaan yang menghasilkan produk yang sama. Dari hasil metode ini akan terlihat jumlah permintaan dari tahun ke tahun 'apakah mengalami peningkatan atau penurunan?'.
Jenis-jenis metode peramalan
  1. Time series (deret waktu). Analisis ini merupakan variabel yang dicari dengan variabel yang mempengaruhi yang dikaitkan dengan waktu. Seperti mingguan, semesteran.dll.
  2. Metode sebab akibat/korelasi. Metode peramalan yang didasarkan kepada hubungan antara variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya tetapi bukan waktu.

No comments:

Post a Comment