STEVANI On Social Media

Wednesday, July 11, 2018

STRUKTUR ORGANISASI

Tujuan PB: Menjelaskan cara struktur organisasi dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai rencana strategis

Bagan organisasi adalah suatu diagram yang memperlihatkan interaksi tanggung jawab daripada karyawan. Dalam bagan organisasi/struktur organisasi selain menggambarkan posisi pula menunjukkan alur perintah dari organisasi tersebut. Alur perintah mengidentifikasikan posisi pekerjaan kepada siapa setiap tipe karyawan bertanggung jawab.
Pada umumnya terbagi atas 2 tipe Bagan Organisasi, yakni:

  1. Tipe Sejajar/garis lurus,

Dimana semua hubungan baik pada jabatan yang paling tinggi maupun yang paling bawah dapat berinteraksi dengan langsung tanpa melalui tingkatan manajer/kedudukan.
Keuntungan tipe struktur organisasi garis lurus:
  • Mampu meningkatkan kinerja perusahaan, karena dapat (-)mempercepat proses pembuatan keputusan, (-)memotivasi beberapa karyawan dengan lebih banyak memberikan tanggung jawab kepada mereka, 
  • Memungkinkan para karyawan yang sangat terlibat dalam produksi produk tertentu untuk memberikan masukan kepada mereka.
Kerugian dari tipe struktur organisasi sejajar:
Para manajer tidak mampu menjelaskan semua tugas mereka (dilihat dari sisi desentralisasi/pemusatan, akibat dari tugas yang  bisa dibagikan pada karyawan tapi dilakukan sendiri berakibat menumpuknya tugas).

2. Tipe Menurun,


PB : Metode yang dapat digunakan untuk membentuk dapertemen
Yang dimaksud dengan membentuk dapertemen yakni menyerahkan tugas dan tanggung jawab pada dapertemen yang berbeda-beda.
Ada 4 metode untuk membentuk dapertemen, antara lain :

  1. Perfungsi. Membentuk sesuai dengan fungsi/tugas dan tanggung jawab dari para karyawan.
  2. Perprodak. Sesuai dengan tipe produk yang dihasilkan, misalnya dalam satu perusahaan ada 3 produk yang dihasilkan maka ada 3 dapertemen yang dibentuk.
  3. Perlokasi. Mendirikan kantor-kantor regional menurut lokasi.
  4. Perpelanggan. Sesuai dengan tipe pelanggan. Dalam hal ini maka perlu adanya peran dari Difisi(tim) untuk melihat berapa besar produk yang dikonsumsi, untuk melihat kepuasan para pemakai, serta melihat pelanggan yang membeli produk dalam jumlah besar (pedagang kembali).dll.

No comments:

Post a Comment