STEVANI On Social Media

Friday, August 30, 2019

Ada Kuasa di Balik Salib Kristus


Kemenangan di balik Salib! Apa artinya? Jika kita sebagai orang percaya dapat memahami dan mengalami kuasa yang ada di balik Salib Kristus, maka kita akan memiliki hidup yang berkemenangan setiap saat.

Apakah sebenarnya kuasa dari Salib Kristus itu? Rahasia untuk memahami dan mengalami kuasa kemenangan di balik Salib Kristus, adalah ketika kita menghayati kematian Yesus di kayu Salib dan merayakan kebangkitan-Nya. Di dalam Alkitab, Yesus juga digambarkan sebagai Anak domba Allah yang telah mati bagi kita. Karya Allah inilah yang harus kita hayati setiap saat. Semakin dalam kita menghayati karya Allah ini, semakin dalam kita mengasihi Allah. Dari situlah, anda bisa memperoleh kuasa kemenangan dalam kehidupan sehari-hari anda.

Tentang hal ini, Paulus menuliskannya di dalam Filipi 3 : 10-11 ; "Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan Kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati."
Maksud Paulus adalah yang telah dia dapatkan sebelum mengenal Kristus, semuanya adalah sampah belaka. Gelar, kekuasaan, kehormatan sama sekali tidak ada artinya dibandingkan dengan pengenalan akan Kristus dan kuasa kebangkitanNya. Jika Paulus memiliki cita-cita yang begitu sederhana namun mengandung kuasa yang dasyat tentang kebangkitan Kristus, maka kita pun harus belajar untuk mengenal Kristus dan kuasa kebangkitanNya.
Hal kedua yang dikehendaki Paulus adalah bersekutu dalam penderitaanNya. Inilah inti kekristenan yang sederhana yaitu menghayati salib Kristus dan mengalami kuasa kebangkitanNya.

Hanya itu yang dirindukan Paulus dan tidak seperti kebanyakan orang Kristen pada zaman ini seperti bisnis yang lancar, berkat yang melimpah, pertolongan Tuhan yang siap sedia dan berkat lainnya. Semua itu tidak salah, tetapi bukan itu tujuan utama hidup kita. Tujuan utama hidup kita adalah mengenal dan mengalami kuasa kebangkitanNya. Kebenaran inilah yang akan menjadikan kekristenan kita radikal.
Namun sayangnya, tidak semua orang benar-benar percaya akan kuasa kebangkitan Tuhan. Banyak orang ketika menghadapi berbagai pencobaan, tidak datang kepada salib Kristus tetapi justru mencari manusia. Mereka lebih memilih datang ke dukun daripada membiarkan kuasa kebangkitan Kristus terjadi dalam hidupnya. Mereka tidak mengerti bagaimana membiarkan kuasa Kristus bekerja di dalam hidup mereka. Oleh karena itu, kita perlu mengenal dan mengalami kuasa kebangkitan Kristus.
Bila orang percaya dapat mengalami kuasa kebangkitan Kristus, maka hidupnya akan dahsyat. Mereka akan hidup dalam kemenangan. Namun seberapa besar kita mengenal kuasa kebangkitan Kristus? Dan bagaimana caranya agar kita memiliki iman kepada kebangkitan Kristus tersebut?
Jawabannya sangat sederhana. Iman datang dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus (Roma 10:17). 

Sumber:
Ir. Eddy Leo, M.Th, Kemenangan di Balik Salib. Yayasan Media Buana Indonesia : Jakarta, 2003.

No comments:

Post a Comment