STEVANI On Social Media

Monday, September 7, 2020

Membuat Rencana Strategi Pengembangan Ekonomi Daerah

Peran Pemda pada masa depan ekonomi daerah

Apa yang harus dilakukan oleh Pemda? 


Membuat Rencana Strategi Pengembangan Ekonomi Daerah

Langkah pertama yakni membuat visi dan misi daerah dalam upaya untuk mengembangkan ekonomi daerah dengan menggunakan metode strength-weaknes-opportunity-threat atau SWOT. Metode ini sangat berguna untuk mengetahui kedudukan suatu organisasi atau daerah dalam lingkungan pesaing-saingannya dengan melihat kemampuan dan kelemahannya sendiri. Cara yang baik dalam membuat visi dan misi daerah adalah dengan menggunakan proses demokrasi yaitu dengan melibatkan komponen-komponen masyarakat dan swasta atau stakeholder.

Stakeholder yang perlu terlibat dalam penyusunan visi dan misi daeah pada dasarnya ada 3 pihak yaitu Pemda (termasuk DPRD-nya), sector swasta, dan masyarakat yang biasanya diwakili oleh lembaga-lembaga masyarakat madani. Peranan dan kemampuan ketiga actor tersebut dalam menentukan visi dan misi daerah pada dasarnya tidak sama. Para Pejabat Pemda pada umumnya mempunyai visi yang berjangka waktu tidak lebih dari satu tahun, yang diakibatkan oleh pola pikir penyiapan program dan proyek tahunan, sehingga orientasinya adalah “apa yang akan dilakukan atau proyek apa yang akan diusulkan untuk tahun anggaran depan. Politisi daerah di lain pihak mempunyai orientasi yang agak lebih panjang, yaitu kira-kira lima tahun. Ini disebabkan karena kerangka berfikir politisi adalah dalam kaitan dengan periode pemilihan umum yang di Indonesia adalah lima tahun. Jadi, seorang anggota partai politik yang belum menjadi anggota DPRD selalu mencari cara untuk menjadi anggota DPRD pada pemilihan umum berikutnya.

INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.


No comments:

Post a Comment