STEVANI On Social Media

Thursday, September 27, 2018

Proses Strategi Komunikasi Bisnis

Proses strategi komunikasi bisnis:

  1. Asking. Bertujuan kepada mencari atau mengkatagorikan fakta-fakta, ahli komunikasiyang profesional tidak hanya menunggu info tetapi mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkan informasi tersebut.
  2. Listening. Sang komunikator harus mempunyai kemampuan untuk mendengar kritik dan saran.
  3. Telling. Menyampaikan pesan bisnis secara lisan dengan menggunakan media masa. Terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan ; 1. mengimformasikan diri kita, 2. menjaga agar bawahan memiliki informasi berkaitan dengan tugas-tugas mereka, 3. mengetahui permasalahan bawahan yang dihadapi. Selain itu aktivitas komunikator juga mempengaruhi.
  4. Understanding. Saling pengertian terhadap pimpinan dan bawahan.
Membangun komunikasi yang efektif, terdapat 5 aspek, yakni :
  1. Kejelasan
  2. Ketepatan (akurasi)
  3. Konteks
  4. Alur
  5. Kultur (budaya)
5 hal yang perlu diperhatikan dalam membangun komunikasi yang efektif
  1. Ketahui lawan bicara
  2. Ketahui tujuan komunikasi
  3. Konteks, yakni lingkungan pada saat berkomunikasi
  4. Pelajari budaya atau kebiasaan audiens
  5. Pahami bahasa

No comments:

Post a Comment