STEVANI On Social Media

Monday, April 20, 2020

EKONOMI PADA SKALA MAKRO

EKONOMI PADA SKALA MAKRO

HALAMAN SEBELUMNYA


Beberapa factor telah menyebabkan tingkat konsumsi dalam ekonomi menurun, yang berhubungan dengan menurunnya daya beli konsumen. Pertama, dalam kondisi di mana pendapatan tetap dan harga barang meningkat akibat naiknya kurs US$, maka kemampuan konsumen (daya beli konsumen) untuk membeli barang di pasar juga menurun. Kedua, masa depan yang tidak jelas, teruatama bagi mereka-mereka yang terkena PHK, membuat semua orang menjadi was-was, sehingga cenderung menahan uangnya sebagai cadangan untuk kalau-kalau terjadi apa-apa pada diriya. Bagi yang belum di-PHK, terdapat kekhawatiran bahwa mungkin satu atau dua bulan lagi dia juga akan di-PHK. Dan bagi yang sudah di-PHK, meskipun diberi pesangon tetapi karena harapan untuk memperoleh pekerjaan lain tidak ada, maka pesaongan tersebut disimpan untuk persediaan konsumsi beberapa bulan atau beberapa tahun mendatang atau dicadangkan untuk membuat usaha sendiri. Akibat dari menurunnya daya beli masyarakat kita secara keseluruhan, maka kita telah menyaksikan banyaknya pusat-pusat perbelanjaan dan mal yang sepi pengunjung, bahkan banyak toko-toko dalam pusat-pusat perbelanjan tersebut kemudian ditutup oleh pemiliknya, yang mengakibatkan semakin banyak PHK dan semakin banyak orang menganggur.

Jadi kita lihat bahwa penurun konsumsi masyarakat akibat daya beli yang menurun (dibandingkan dengan harga barang) telah menyebabkan penurunan kegiatan produksi, dan penurunan kegiatan produksi pada gilirannya menyebabkan banyaknya orang yang di-PHK. Akibatnya maka pendapatan nasional berkurang sejumlah pendapatan yang seharusnya diperoleh dari kegiatan produksi, distribusi dan perdagangan produk-produk tersebut, dari sewa toko yang dipakai oleh pedagang, dari pendapatan para pegawai yang di-PHK, dan sebagainya.



HALAMAN 1 2 3 4
INSPIRASI : Buku “Pembangunan Daerah Mendorong PEMDA Berjiwa Bisnis” Oleh Ir. Sussongko Suhardjo , MSc, MPA, PhD, Jakarta : Panta Rei, 2006.


No comments:

Post a Comment